Selasa, 06 Maret 2012

Membatik dengan Teknologi


 Membatik dengan rumus metematika
Corak batik kotemporer
Berwisata ke kota solo belum lengkap rasanya kalau tidak membawa oleh-oleh yang menjadi khas kotanya. Diantaranya yang paling menarik yakni batik. Beragam motif batik yang awalnya hanya digunakan dilingkungan keraton saja. Kini dari berbagai lapisan masyarakat sudah menggunakan batik.Dari yang tingkat klewer sampai tingkat butik seperti danarhadi.
Sehubungan dengan pertumbuhannya, batik solo tergolong jenis batik keraton yakni batik yang tumbuh didaerah keraton. Sampai saat ini pengerajin batik solo tumbuh berkembang pesat dilingkungan sekitar keraton, seperti pasar klewer, kampung batik kauman dan laweyan.
Bahkan baru-baru ini untuk membantu para pengerajin batik PT. Telkon Indonesia bekerjasama dengan Intel Indonesia Corp. belum lama ini mengajak para pengerajin batik di Solo untuk menggunakan software batik yang dinamakan j-Batik. Penggunaan software ini diharapkan bisa membantu para pelaku industri batik dalam menghadapi persaingan usaha terutama dalam persaingan usaha di tingkat Dunia.
Melalui berita yang dirilis koran lokal solopos, event ini ini sengaja diadakan untuk mengangkat salah satu potensi industri di kota solo sekaligus untuk menambah pengetahuan ilmu digital dimasyarakat serta menjelaskan bahwa j-Batik bisa memudahkan pembuat design batik, untuk mengasilkan karya design batik yang baru dan sesuai dengan selera pasar.
Selama ini meski punya keunikan tersendiri namun ada beberapoa motif batik Indonesia yang kurang begitu diminati oleh pasar luar negeri, meski untuk pasar dalam negeri peminatnya cukup banyak.
Dengan menggunakan j-Batik, akan muncul yang namanya batik fractal, yakni design batik yang membentuk design, warna serta corak maupun ornamennya yang dibuat berdasarkan rumus matematika yang semua prosesnya menggunakan teknologi digital atau komputer. sehingga selain bisa didapat pilihan design yang sangat beragam, waktu yang digunakan untuk membuat design juga relatif singkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar